Selasa, 15 November 2016

Analisia SIA terhadap Elevenia

ELEVENIA
A.    MENGENAL ELEVENIA
Elevenia adalah situs belanja online nomor 23 di Indonesia yang memberikan kemudahan dan keamanan berbelanja. Elevenia adalah produk dari PT XL Planet yang merupakan joint venture antara PT XL Axiata, Tbk. dan SK Planet Co., Ltd. Elvenia juga memawarkan berbagai macam produk untuk pecinta belanja online. Sampai hari ini tercatat elevenia menawarkan lebih dari 2juta produk dari 16.000 penjual yang terbagi kedalam 8 kategori, yaitu Fashion, beauty/health, babies/kids, home/garden, gadget/komputer, elektronik, sports/hobby, service/food.
Layanan yang disediakan oleh elevenia tidak hanya melalui perangkat desktop namun juga bisa diakses melalui gadget yang tersedia di Google Play dan Apple Store. Adanya sesi edukasi bagi penjual dengan program training dan seinar secara rutin serta fasilitas foto studio, dan bisa berkonsultasi dengan tim CRO (Customer Relationship Officer).
Elevenia sendiri merupakan situs belanja online dengan sistem market place, yang artinya adalah lokasi jual beli produk dimana penjual dan juga konsumen bertemu di suatu tempat. Penjual akan menjual barannya di lapak yang sudah disediakan oleh e-commerce.
Keuntungan berbisnis di elevenia adalah adanya manajemen sistem yang disediakan oleh elevenia untuk penjual dan beragam produk untuk pembeli. Pembelipun dengan senang hati atau mudah dalam pengaksesan dan pembelian produk serta pembayaran secara aman. Penjual juga akan memberikan komisi penjualan kepada elevenia.
Keuntunga elevenia lainnya yaitu:
·         Untuk pembeli:
1.      Beragam produk dan kategori
2.      Beragam pilihan pembayaran
3.      Benefit berupa poin, token dan voucher
4.      Online delivery tracking
5.      Custumer support 24 jam
6.      Aplikasi di gadget untuk belanja kapanpun dan dimananpun
7.      Adanya fitur pembatalan dan pengembalian uang
·         Untuk penjual:
1.      Fasilitas untuk penjual yaitu studio foto, program pelatihan dan workshop
2.      Pencairan dana cepat
3.      Komisi transaksi yang kompetitif
4.      Customer support 24 jam
5.      Tokok online atas nama penjual.

B.     TIPE SISTEM
Elevenia merupakan sebuah website marketplace C2C (Customer to Customer). Dikatakan C2C karena elevenia merupakan sistem komunikasi dan transaksi antarkonsumen untuk memenuhi kebutuhan tertentu pada saat tertentu. pada elevenia, penjual dan pembeli melakukan transaksi sendiri namun melalui elevenia, jadi apabila terjadi kecurangan maka pihak elevenia dapat melacak. Komunikasi juga dilakukan langsung oleh penjual dan pembeli, begitu pula tentang pertukaran informasi harga, kualitas produk, dsb.

C.     MODEL BISNIS
Menurut wikipedia, model bisnis merupakan pemikiran tentang bagaimana sebuah organisasi menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai-nilai baik itu ekoomi, sosial ataupun bentuk-bentuk nilai lainnya. Model bisnis juga dipakai untuk menunjukkan aspek inti suatu bisnis, termasuk mencakup maksud dan tujuan, apa yang ditawarkan, strategi, infrastruktur, struktur organisasi, praktik-praktik niaga, serta kebijakan-kebijakan dan proses-proses operasional. Menurut pengertian diatas, elevenia termasuk kedalam model bisnis sebagai berikut,
1.      Content Provide, yaitu model bisnis yang menyediakan, menciptakan dan memfasilitasi suatu komunitas atau pembeli dalam suatu situs online untuk memperdagangkan dagangannya kepada konsumen secara online tanpa campur tangan penyedia situs. Elevenia sendiri telah memberikan tempat kepada para penjual untuk berkomunikasi dengan konsumen, begitu pula sebaliknya selama 24jam dengan kebebasan untuk bertukar informasi mengenai barang yang dijual.
2.      Transaction Broker, elevenia berperan sebagai penghubung antara penjual dan pembeli dengan memfasilitasi transaksi, seperti model pembayaran dan pengiriman barang.
D.    REVENUE MODEL/ JENIS PENDAPATAN
Dibawah ini adalah sumber pendapatan dari elevenia yang telah penulis amati, yaitu:
1.      Advertising, pemilik elevenia akan mendapatkan pendapatan dari pemsangan iklan dalam laman atausitus web elevenia oleh client-client.

2.      Komisi Transaksi, perusahaan mendapatkan komisi dari transaksi yang terjadi di elevenia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar